Menghilangkan "index.php" CodeIgniter

Tiada ulasan

Assalamu'alaikum Wr. Wb. ketemu lagi dengan saya pengurus sukoding, malam ini rencana mau borong posting banyak ni, biar sekaligus punya tutorial banyak.
ok sesuai dengan judul yang saya buat yaitu cara menghilangkan index.php di framework CodeIgniter. Url defaultnya CI tuh pasti ada embel-embel "index.php" gitu kan, contoh : localhost/belajar/index.php/welcome.

Nah itu adalah masalah, gimana sih cara menghilangkan "index.php", biar url-nya jadi seperti ini : localhost/belajar/welcome.

Caranya adalah buatlah file .htaccess terserah mau bikinnya pakai notepad, notepad++ atau pakai apa. Oh iya, ntar taruh file .htaccess sejajar dengan folder application dan system. Lalu ketikkan script berikut di file .htaccess tersebut  :
RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_URI} ^/system.*
RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.+)$ index.php?/$1 [L]
Lalu buka file configurasi CodeIgniter, yang biasanya terletak di ./application/config/config.php Lalu ubah $config['index_page'] = 'index.php'; menjadi $config['index_page'] = ''; tara, file anda sudah ganti menjadi localhost/belajar/welcome
 Note : Bila cara diatas tetap tidak bisa ini senjata ampuhnya biar bisa digonta-ganti nama file CodeIgniternya : --->
Buka httpd.conf di folder instalasi Apache, biasanya berada di : /apache/conf/httpd.conf atau /etc/httpd/httpd.conf Cari modul mod_rewrite.so atau (mod_rewrite.c pada beberapa kasus). Lalu hilangkan tanda # Pada #LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.* Setelah itu Restart Server Apache.

Semoga bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa ketikan di kolom komentar apabila dihati masih ada yang mengganjal.

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Banyak Tanya Menyesatkan (Don't Read).











Tiada ulasan :

Catat Ulasan