Belajar Yii Framework 2 Dasar

2 ulasan
logo yii framework
Assalamu'alaikum Wr.Wb, pada kesempatan ini saya akan mengenalkan kepada teman-teman semua sebuah framework yaitu Yii, yang bisa dibilang sudah berbasis OOP dan mempermudah dalam menggarap sebuah proyek yang besar, untuk itu saya akan membagikan tips dasar bagi pemula apabila ingin mendalami framework ini, barangkali ada yang mencari referensi, Yii adalah salah satu framework yang menggunakan bahasa pemrograman PHP berorientasi objek. Pada bulan Oktober 2014 yii telah meluncurkan framework versi 2.0 yang menggunakan PHP 5.4.0 keatas. Untuk teman yang tertarik belajar yii framework pada tahapan pemula. Anda harus menguasai PHP, yaitu dengan banyak belajar dan mencoba. Dengan kemampuan yang sedikit di PHP maka anda tidak bisa maksimal dalam membangun sebuah aplikasi.
Yii 2.0 PHP 5.4, full OOP. Lebih baik lagi apabila anda pernah belajar Java atau Dot Net, itu sangat membantu. Pemahaman yang baik tentang web lain seperti HTML, CSS, JS, Jquery, Json merupakan nilai tambah yang akan sangat membantu. Guide dari website Yii itu sudah lebih dari cukup, hanya kelemahan orang Indonesia adalah malas membaca (apabila tidak bisa bahasa inggris dianjurkan menggunakan google translate, walaupun proses translatenya belum sempurna).
- Berdoa Masing-masing.
- Cari guru, guru saya banyak bertebaran di grup ini (Yii PHP Framework Indonesia), setiap orang baru yang kelihatannya menguasai sebagian ilmu Yii saya selalu izin mengambil ilmunya.
- Baca guide dengan baik, tidak perlu semua bagian dibaca, cukup pokok atau intinya saja. Asal bisa install dan topik terpenting adalah sistem CRUD, selebihnya bisa dipelajari sambil jalan.
- Usahakan sharing apa yang anda fahami, jangan malu jangan pelit, karena memberi itu pasti mendapat yang lebih banyak (ini rahasianya dan cara ini sangat cepat meningkatkan kemampuan kita).
- Sharing Tulisan (Saya sering kan? Ini cara saya mempercepat pemahaman saya), Sharing Code, membuat extension, dll.
- Buat kondisi dimana anda terpaksa belajar cepat dan banyak misal menerima project dari client
- Untuk versi terbaru Yii framework silahkan di cek di mari : yii framework
- Kalau yang males ke websitenya ini ada link download yii frameworknya v2.0.3 terbaru update 1 maret 2015 disini : yii basic app 2.0.3.tgz - 4.6 MB
 
Manusia selalu memiliki kesalahan dan kekhilafan untuk itu apabila pemirsa ada yang kurang faham dan masih ada pikiran yang mengganjal di benak ananda silahkan tuangkan di kolol coretan komentar dibawah ini. Demikianlah tips untuk dasar sebelum mendalami framework Yii. Semoga bermanfaat saya akhiri dengan mengucapkan Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Berbagi ilmu kepada semua orang akan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. (Dont Read)

2 ulasan :

  1. Santekno : Terimakasih gan informasi dan tutorialnya mantep banget gan, ane juga banyak nih tutorialnya. Semoga bermanfaat gan.

    BalasPadam